Pemasaran Buku
Pemasaran Buku
Pertemuan : 20 (Resume ke-20)
Gelombang : 28
Hari/Tanggal : Rabu, 22 Pebruari 2023
Tema :
Pemasaran Buku
Nara Sumber : Agus Subardana, S.E, M.M
Moderator : Purbaniasita KS, S.Pd
Dibuat oleh : Siti Maunah, S.Pd.SD
Pemasaran
Buku
Pertemuan
malam ini adalah pertemuan yang ke-20 berjudul” Pemasaran Buku, malam ini
kebetulan terlambat mengikuti dari awal karena ketiduran setelah seharian sibuk
mempersiapkan kegiatan pramuka Persari yang akan dilaksanakan besok pagi, meskipun
terlambat saya tetap semangat untuk mengikuti penyampaian narasumber. Diawali dengan pembuka
kata sebagai penyemangat kita malam ini
“Semua
orang akan mati kecuali karyamu. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan
dirimu di akhirat kelak” ( Ali Bin Abu Thalib)
Ditemani
seorang moderator yang masih muda, cantik dan lincah yang bernama ibu
Purbaniasita KS, S.Pd dan narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam
penerbitan buku. Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit Andi.
Selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan. Beliau
pernah menjadi dosen Tidak Tetap di STIE Wiyata Mandala Jakarta. Riwayat
pendidikannya lulusan S1 dan S2 Managemen Pemasaran sebagai bukti
keprofesionalan beliau. Inilah Bapak Agus Subardana S.E. M.M yang biasa
dipanggil dengan sebutan pak Agus.
Pertemuan
diawali dengan berdoa, Seperti biasa pertemuan dibagi menjadi 4 sesi yaitu
1. Pembukaan
2. Paparan
materi
3. Tanya jawab
4. Penutup
Narasumber
membuka dengan berpantu terlebih dahulu
Singgah sebentar
di rumah Kerabat
Meminta buah
Apel dan Pisang Banana
Untuk hadirin
Bpk Ibu Guru yang Hebat
Salam Hormat
dari Saya Agust Subardana
Jangan Ngebut
Kalau Naik Sepeda Motor
Dari Kota Jogja
membawa buah Mengkudu
Terimakasih
kepada Moderator
Izinkan saya
menyampaikan Strategi Pemasaran Buku
Definisi Buku
Buku
merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses
pembelajaran serta sarana penyampaian
informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan
diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam
rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi
khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud
dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan
pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat
terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Dalam
rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup
dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha,
intreprenur yang menjalankan bisnis.
Strategi pemasaran
penjualan buku sangat dipengaruhi
oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis
– jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut
dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset
menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku
( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan
Diri, Buku Teks , dan lain-lain ).
Dari
jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan
berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya
kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis
. Sehingga strategi pemasaran pada
umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1.
Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.
Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan
sosial-budaya.
Saat
ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus
jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini
dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku,
dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari
20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.
Strategi
Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu
Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan
Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas.
Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A.
Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
a.
Pemasaran buku lewat Online
Saat
terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau gak mau kita dalam dunia bisnis
harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis
tidak akan bisa survive jika
tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu iklan dengan
brosur dan baliho besar ada dimana mana,
sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih
mudah? Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi
kehidupan kita.
Penerbit
ANDI saat ini penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah
digital marketing.
Digital
marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau
internet. Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI
Offset terapkan antara lain :
1. Content
marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada
pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya
adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada
banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan
lainnya.
2. Search
Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet
untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian
membeli produk yang kita tawarkan.
3. Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya
untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM)
merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas
website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
4. Social
media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan
pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa
platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Kadang
- kadang supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang
sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun
sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen,
khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih
menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.
Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya
menarik perhatian :
Pantun
1
Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya
Pantun
2
Liburan ke pulau Bali
Jangan lupa datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko online kami
Barangnya cuma setengah harga
Pantun 3
Kamu jadian sama si dia
Padahal aku sudah menyukaimu
Kita toko online terpercaya
Siap menjual barang paling bermutu
5. Email
Marketing. strategi marketing yang satu
ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6. Instant
messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan
promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa
kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger,
WeChat, dan platform messenger lainnya
7. Influencer
Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan
pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan
atau ditawarkan oleh seorang influencer.
8. Video
marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan.
Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan
pemasaran.
9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.
Untuk
penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi
, supaya kita dapat :
-Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
-Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan
konsumen terjaga.
-Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
-Menaikkan
penjualan dan profit
-Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
-Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
-Mengubah
tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
Rencana Kami Penerbit Andi , akan menyelenggarakan Lomba Bikin Film Pendek Bagi Pelajar Indonesia.. dengan hadiah yang cukup menarik.
Pemasaran
Buku Lewat Komunitas
Kita
tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk
membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk
sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi kita.
Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dan lain-lain
B.
Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk
menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus
melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi
pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari
Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang
tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1.Toko
Buku
Penerbit
Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri ,
sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan
sebagai pemasok rutin di toko buku maka
kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi
tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku
Tradisional.
Kenapa
kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis
toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh
toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan
TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti
perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan
sebagainya.
Adapun
toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem
administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem
transaksinya masih manual .
Untuk
itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh
para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku
tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi
Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan ,
antara lain :
-Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
-Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
-Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
-Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
-Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
Contoh Display buku yang menarik
Promo
Diplay Buku di Toko
Promo
Discount
2. Direct Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran
Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku
yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini
kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
-Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
-Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
-Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan
pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan
buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas
Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping
areanya masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan
langsung ke tiap sekolah
- Kunjungan
langsung ke setiap kampus
- Kunjungan
langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
- Dengan
kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan
yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga
dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
Biasanya
jika berkunjung ke sekolah tim bisa pendekatan secara personel melalui kepala
sekolah, waka kurikulum,petugas perpustakaan. Jika ke kampus bisa ketemu dekan,
kaprodi, dosen dan petugas perpustakaan
3. Melakukan Event – Event
Aktive
dalam melakukan event – event seperti
event Pameran buku, seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.
Terakhir
diadakan even dengan melakukan pameran buku, eminar, Workshop try out dalam
setahun bisa 4 tahun jika sekala besar jika itu sekala kecil komunitas bisa 1
kali dalam sebulan
Materi
diakhiri dengan pantun oleh narasumber :
Manis kehidupan adalah rupa ujian
Hatilah yang harus selalu sadar
menempatkan.
Jenis tulisan adalah cara penyampaian.
Pilihlah yang membuatmu merasa nyaman
Mengais pinta kadang terasa naif.
Memelas ampunan sering hanya saat diuji
saja.
Menulis adalah tindakan kreatif.
Kreativitas adalah proses panjang bak
menempa baja.
Terima
kasih atas materi yang luar biasa ini bapak. Semoga materi malam ini bisa
menambah semangat bapak ibu hebat untuk berkarya
Demikian
resume yang saya buat semoga menjadi
motivasi bagi kita semua untuk tetap berkarya, terima kasih kepada beliau
berdua yang telah membagikan ilmunya semoga menjadi ladang ibadah.
Gunungkidul,
22 Pebruari 2023
Komentar
Posting Komentar
maju terus
Semangat